AL-‘ALAQ
Katsir Asy-Syafi’i
رحمه الله
سورة الغاشية
TAFSIR SURAT AL - 'ALAQ
(Segumpal Darah)
Surat Makkiyyah, Surat ke-96: 19 ayat
"Dengan menyebut Nama Allah Yang Mahapemurah lagi Mahapenyayang."
اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ
الَّذِي خَلَقَ (١) خَلَقَ الإنْسَانَ مِنْ عَلَقٍ (٢) اقْرَأْ وَرَبُّكَ الأكْرَمُ
(٣) الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ (٤) عَلَّمَ الإنْسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ (٥)
1. Bacalah dengan (menyebut) Nama Rabb-mu yang menciptakan, 2. Dia telah menciptakan manusia dengan segumpal darah. 3. Bacalah, dan Rabb-mulah Yang Paling Pemurah, 4. Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam. 5. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya. (QS. al-‘Alaq [96]: 1-5)
"Wahyu yang pertama kali
diturunkan kepada Rasulullah صلى الله عليه وسلم adalah mimpi yang benar melalui
tidur.
Di mana beliau tidak bermimpi melainkan datang sesuatu seperti Shubuh. Setelah itu, beliau menjadi lebih senang mengasingkan diri. Kemudian beliau mendatangi
gua Hira. Di sana beliau beribadah untuk beberapa malam dengan membawa perbekalan yang cukup. Setelah itu, beliau pulang kembali kepada Khadijah untuk
mengambil bekal yang sama sampai akhirnya datang kepada beliau wahyu secara tiba-tiba, yang ketika itu beliau masih berada di gua Hira. Di gua itu beliau
didatangi oleh Malaikat Jibril seraya berkata, 'Bacalah!' Rasulullah صلى الله
عليه وسلم bersabda, "Maka kukatakan: 'Aku tidak dapat membaca."
Lebih lanjut, beliau bersabda: "Lalu Jibril memegangku seraya mendekapku sampai
aku merasa kepayahan. Selanjutnya, Jibril melepaskanku dan berkata: 'Bacalah',
‘Aku tidak dapat membaca,' jawabaku. Kemudian Jibril mendekapku untuk kedua
kalinya sampai aku benar-benar kepayahan. Selanjutnya, dia melepaskanku lagi
seraya berkata, 'Bacalah’, Aku tetap menjawab: 'Aku tidak dapat membaca.’ Lalu
dia mendekapku untuk ketiga kalinya sampai aku benar;benar keparahan. Setelah
itu, dia melepaskanku lagi seraya berkata: (اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي
خَلَقَ) 'Bacalah dengan Nama Rabb-mu yang menciptakan’ -sampai pada pada ayat- (مَا
لَمْ يَعْلَمْ) 'Apa yang tidak diketahuinya'.
Dia berkata: "Maka beliau pun pulang dengan sekujur tubuh dalam keadaan menggigil hingga akhirnya masuk menemui Khadijah dan berkata: "Selimuti aku, selimuti aku." Mereka pun segera menyelimuti beliau sampai akhirnya rasa takut beliau hilang. Selanjutnya, beliau bersabda, "Apa yang terjadi padaku?" Lalu beliau menceritakan peristiwa yang dialaminya seraya bersabda, "Aku khawatir sesuatu akan menimpa diriku."
Maka Khadijah pun berkata kepada beliau: "Tidak, bergembiralah. Demi Allah, Allah tidak akan pernah menghinakanmu, Sesungguhnya engkau adalah orang yang paling suka menyambung tali silaturahmi, berkata jujur, menanggung beban,
menghormati tamu, dan membantu menegakkan pilar-pilar kebenaran.”
Kemudian Khadijah mengajak beliau pergi hingga akhirnya dia mem-bawa beliau menemui Waraqah bin Naufal bin Asad bin 'Abdil 'Uzza bin Qushay, yaitu anak paman Khadijah, saudara laki-laki ayahnya. Dia seorang penganut Nasrani pada masa Jahiliyyah. Dia yang menulis sebuah kitab berbahasa Arab dan juga menulis Injil dengan bahasa Arab dengan kehendak Allah. Dia adalah seorang yang sudah berumur lagi buta.
"Wahai anak saudaraku, apa yang telah terjadi padamu?"
Kemudian Rasulullah صلى الله عليه وسلم menceritakan apa yang beliau alami kepadanya.
Waraqah menjawab, "Ya, Tidak akan ada seorang pun yang datang dengan membawa apa yang engkau bawa melainkan akan disakiti.
Dan jika aku masih hidup
pada masamu, niscaya aku akan mendukungmu dengan pertolongan yang sangat besar."
Dan tidak lama kemudian,
Waraqah meninggal dunia dan wahyu terhenti, sehingga Rasulullah صلى الله عليه
وسلم benar-benar bersedih hati.
Hadits di atas diriwayatkan di dalam kitab ash-Shohihain, dari hadits az-Zuhri. Dan kami telah membicarakan sanad, matan, dan pengertian hadits ini di awal syarah kami untuk kitab Shahih al-Bukhari secara rinci. Oleh karena itu bagi
yang berminat, di buku itulah penjelasannya.
tersebut merupakan rahmat pertama yang dengannya Allah menyayangi hamba-hamba-Nya sekaligus sebagai nikmat pertama yang diberikan kepada mereka.
tersebut juga termuat peringatan mengenai permulaan penciptaan manusia dari segumpal darah. Dan bahwasanya di antara kemurahan Allah Ta'ala adalah Dia
mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.
Dengan demikian, Dia telah
memuliakannya dengan ilmu. Dan itulah hal yang menjadikan bapak ummat manusia ini, Adam mempunyai kelebihan atas Malaikat.
Terkadang, ilmu berada di
dalam akal pikiran dan terkadang juga berada dalam lisan. Juga terkadang berada dalam tulisan. Secara akal, lisan, dan tulisan mengharuskan perolehan ilmu, dan
tidak sebaliknya.
اقْرَأْ وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ. الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ.
عَلَّمَ الْإِنسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ)
Yang Paling Pemurah, yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya."
قَيْدُ الْعِلْمَ بِالكِتَابَةِ "Ikatlah ilmu itu dengan tulisan."
كَلا إِنَّ الإنْسَانَ
لَيَطْغَى (٦) أَنْ رَآهُ اسْتَغْنَى (٧) إِنَّ إِلَى رَبِّكَ الرُّجْعَى (٨)
أَرَأَيْتَ الَّذِي يَنْهَى (٩) عَبْدًا إِذَا صَلَّى (١٠) أَرَأَيْتَ إِنْ كَانَ
عَلَى الْهُدَى (١١)
أَوْ أَمَرَ بِالتَّقْوَى
(١٢) أَرَأَيْتَ إِنْ كَذَّبَ وَتَوَلَّى (١٣) أَلَمْ يَعْلَمْ بِأَنَّ اللَّهَ
يَرَى (١٤) كَلا لَئِنْ لَمْ يَنْتَهِ لَنَسْفَعًا بِالنَّاصِيَةِ (١٥) نَاصِيَةٍ
كَاذِبَةٍ خَاطِئَةٍ (١٦) فَلْيَدْعُ نَادِيَهُ (١٧)
سَنَدْعُ الزَّبَانِيَةَ
(١٨) كَلا لا تُطِعْهُ وَاسْجُدْ وَاقْتَرِبْ (١٩)
6. Ketahuilah! Sesungguhnya manusia benar-benar melampaui batas,
7. karena dia melihat dirinya serba cukup
8.
Sesungguhnya hanya kepada Rabb-mulah kembalimu.
9.
Bagaimana pendapatmu tentang orang yang melarang,
10.
seorang hamba ketika dia mengerjakan shalat,
11.
bagaimana pendapatmu jika orang yang melarang itu berada di atas kebenaran,
12.
atau dia menyuruh bertakwa (kepada Allah).
13.
Bagaimana pendapatmu jika orang yang melarang itu mendustakan dan berpaling?
14.
Tidakkah dia mengetahui bahwa sesungguhnya Allah melihat segala perbuatannya?
15.
Ketahuilah, sungguh jika dia tidak berhenti (berbuat demikian), niscaya Kami
tarik ubun-ubunnya,
16.
(yaitu) ubun-ubun orang yang mendustakan lagi durhaka.
17.
Maka biarkanlah dia memanggil golongannya (untuk menolongnya),
18. kelak Kami akan memanggil Malaikat Zabaniyah,
19. sekali-kali jangan, janganlah kamu patuh kepadanya; dan sujud dan dekatkanlah (dirimu
kepada Rabb). (QS. al-‘Alaq [96]: 6-19)
Allah Ta'ala memberitahukan tentang manusia, bahwa ia merupakan makhluk yang bisa senang,
jahat, sombong, dan sewenang-wenang jika dia melihatnya dirinya telah merasa cukup dan memiliki banyak harta. Kemudian Dia memberikan peringatan, mengancam
sekaligus menasihatinya, di mana Dia berfirman: (إِنَّ إِلَى رَبِّكَ الرُّجْعَى)
''Sesungguhnya hanya kepada Rabb-mulah kembali(mu)." Yakni, hanya kepada Allah tempat kembali. Dan Dia akan menghisabmu atas harta yang engkau miliki, dari
mana engkau mengumpulkannya dan untuk apa pula engkau membelanjakannya.
Lebih lanjut, Allah Ta'ala
berfirman: (أَرَأَيْتَ الَّذِي يَنْهَى. عَبْداً إِذَا صَلَّى)
"Bagaimana pendapatmu
tentang orang yang melarang, seorang hamba ketika dia mengerjakan shalat."
Ayat ini turun berkenaan
dengan Abu Jahal, semoga Allah melaknatnya, yang mengancam Nabi صلى الله عليه
وسلم jika akan mengerjakan shalat di Baitullah, Kemudian Allah menasihati beliau dengan sesuatu yang lebih baik.
Untuk langkah pertama, di
mana beliau bertanya, (أَرَأَيْتَ إِن كَانَ عَلَى الْهُدَى) "Bagaimana
pendapatmu jika orang yang melarang itu berada di atas kebenaran."
Maksudnya, bagaimana
dugaanmu jika orang yang engkau larang itu berada di jalan yang lurus dalam perbuatannya itu atau menyuruh untuk bertakwa melalui ucapannya, sedang dirimu
justru melarang dan mengancamnya atas shalat yang dikerjakannya itu.
Oleh karena itu, Dia
berfirman: (أَلَـمْ يَعْلَمْ بِأَنَّ اللَّهَ يَرَى)
"Tidakkah dia mengetahui
bahwa sesungguhnya Allah melihat segala perbuatannya?”, Maksudnya, tidakkah orang yang melarang itu mengetahui bahwa Allah melihatnya dan mendengar
ucapannya serta akan memberi ganjaran atas apa yang telah dia kerjakan itu dengan ganjaran yang benar-benar sempurna.
Kemudian, dengan nada
mengancam dan mengintimidasi, Allah Ta'ala berfirman, (كَلَّا لَئِن لَّـمْ
يَنتَهِ)
"Ketahuilah, sungguh jika
dia tidak berhenti," yakni jika dia tidak kembali dari keingkaran dan pembangkangannya itu, (لَنَسْفَعاً بِالنَّاصِيَةِ) "Niscaya Kami tarik
ubun-ubunnya," yakni Kami akan warnai dia dengan warna hitam pada hari Kiamat kelak.
Selanjutnya, Dia berfirman,
(نَاصِيَةٍ كَاذِبَةٍ خَاطِئَةٍ) "Yaitu ubun-ubun orang yang mendustakan lagi
durhaka."
Yaitu ubun-ubun Abu Jahal
yang penuh kebohongan dalam ucapannya dan menyimpang dalam perbuatannya. (فَلْيَدْعُ
نَادِيَه) "Maka biarkanlah dia memanggil golongannya (untuk menolongnya)," yakni
kaum dan kelompoknya. Maksudnya, hendaklah dia memanggil mereka untuk meminta pertolongan kepada mereka, (سَنَدْعُ الزَّبَانِيَةَ) "Kelak Kami akan memanggil
Malaikat Zabaniyah.”
Mereka Itu adalah para Malaikat adzab, sehingga dia dapat mengetahui, apakah
pasukan kami yang menang ataukah pasukannya? Imam al-Bukhari meriwayatkan dari Ibnu 'Abbas رضي الله عنهما, dia berkata: "Abu Jahal pernah berkata, 'Jika aku
melihat Muhammad mengerjakan shalat di Ka'bah, niscaya akan aku injak lehernya.'
Kemudian Nabi صلى الله
عليه وسلم mendengar berita tersebut dan berkata, “Jika dia berani melakukan hal
tersebut, pasti Malaikat akan menghukumnya.'
Demikianlah yang diriwayatkan oleh at-Tirmidzi dan an-Nasa-i.
Imam Ahmad, at-Tirmidzi,
an-Nasa-i, dan Ibnu jarir meriwayatkan, dan ini adalah lafazhnya dari Ibnu 'Abbas رضي الله عنهما, di mana dia berkata;
"Rasulullah صلى الله عليه
وسلم pernah mengerjakan shalat di maqam, lalu Abu Jahal bin Hisyam melewatinya seraya berkata, ‘Hai Muhammad, bukankah aku telah melarangmu mengerjakan ini?'
Dia mengancam beliau. Maka
Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersikap kasar terhadapnya seraya menghardiknya,
lalu dia berkata, 'Hai Muhammad, dengan apa engkau mengancamku?
Demi Allah, sesungguhnya aku memiliki kelompok yang lebih banyak di lembah ini.'
Lalu Allah menurunkan ayat:
(فَلْيَدْعُ نَادِيَه. سَنَدْعُ الزَّبَانِيَةَ)
'Maka biarkanlah dia
memanggil golongannya (untuk menolongnya).
Malaikat Zabaniyah." Ibnu 'Abbas رضي الله عنهما
mengatakan,
kelompoknya, pasti Malaikat adzab akan menimpakan adzab kepadanya saat itu juga."
At-Tirmidzi mengatakan: "Hadits
ini hasan shahih."
Dan firman Allah Ta'ala: (كَلَّا
لَا تُطِعْهُ) ''Sekali-kali jangan, janganlah kamu patuh kepadanya."
Maksudnya, hai Muhammad, janganlah kamu mentaati larangannya itu, yaitu larangan
untuk terus beribadah dan memperbanyaknya. Shalatlah sekehendak hatimu dan jangan engkau mempedulikannya, karena Allah akan selalu menjaga dan menolongmu,
dan Dia senantiasa memeliharamu dari orang-orang. (وَاسْجُدْ وَاقْتَرِبْ) "Dan
sujud dan dekatkanlah."
disebutkan hadits shahih di dalam Shahih Muslim,
dari Abu Hurairah رضي الله
عنه bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم
pernah bersabda: أَقْرَبُ
مَا يَكُونُ الْعَبْدُ مِنْ رَبِّهِ وَهُوَ سَاجِدٌ فَأَكْثِرُوا الدُّعَاءَ
"Saat paling dekat antara
seorang hamba dengan Rabb-nya adalah saat dia melakukan sujud. Oleh karena itu, perbanyaklah doa."
Rasulullah juga bersujud saat membaca surat (إِذَا السَّمَاءُ انشَقَّتْ) dan
surat (اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ)
Disalin
dari kitab Tafsir Ibnu Katsir jilid 8 terbitan Pustaka Imam Asy-Syafi’i.
Sunan ad-Darimi,
bab Min Rukhshati Kitaabil 'llm.
Diriwayatkan oleh an-Nasa-i dari ats-Tsauri dari Abu Hurairah, bahwa mereka biasa melakukan Sujud saat membacanya bersama Rasulullah صلى الله عليه وسلم
Disalindari eBook Ibnumajjah
Posting Komentar