بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
Pendapat Imam Abu Hanifah Tentang Iman
Kesamaan aqidah Imam Empat رحمهم الله
Dr. Muhammad bin Abdurrahman al-Khumais
Beliau berkata: “Imam itu iqrar (pengakuan) dan tashdiq (pembenaran).”1
Kata beliau lagi: “Iman itu adalah iqrar dengan lisan dan tashdiq dengan hati. Iqrar saja belum disebut iman.”2
Keterangan ini dinukil oleh ath-Thahawi dari Imam Abu Hanifah رحمه الله dan dua orang muridnya.3
Keterangan ini dinukil oleh ath-Thahawi dari Imam Abu Hanifah رحمه الله dan dua orang muridnya.3
Beliau juga berkata: “Iman itu tidak bertambah dan tidak berkurang”.4
Menurut saya pendapat Imam Abu Hanifah رحمه الله bahwa “Iman itu tidak bertambah dan tidak berkurang” dan bahwa yang disebut iman itu adalah “tashdiq dalam hati dan iqrar dalam lisan, sementara perbuatan (amal) tidak termasuk dalam pengertian iman”, adalah masalah yang membedakan antara beliau dengan imam-imam Islam yang lain, seperti Imam Malik, Imam Syafi’i, Imam Ahmad, Imam Ishaq, Imam Bukhari, dan lain-lain. Yang benar adalah pendapat para imam itu. Sementara pendapat Abu Hanifah رحمه الله adalah tidak benar. Namun demikian beliau tetap mendapat pahala, baik hasil ijtihad beliau itu benar atau pun salah. Kemudian ada keterangan dari Imam Ibn ‘Abdul Bar dan Ibn Abi ‘Izz, bahwa Imam Abu Hanifah رحمه الله mencabut pendapatnya itu. Wallahu a’lam.5
1 al-Fiqh al-Akbar, hal. 304
2 Kitab al-Washiyyah bersama Syarhnya, hal. 2
3 ath-Thahawiyyah berikut Syarhnya, hal. 360
4 Kitab al-Washiyah berikut Syarhnya, hal. 3
5 Ibn ‘Abd al-Bar, at-Tamhid, IX/ 247. Syarh al-‘Aqidah ath-Thahawiyah, hal. 395
Disalin dari eBooke Ibnumajjah.com
ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ
ٱلْعَٰلَمِين
author;
Rachmat Machmud. Flimban
Posting Komentar